Cara Kerja Fitur Parking Sensor Pada Mobil

Author: No Comments Share:

Sebelum kita membahas terkait cara kerja fitur parking sensor, terlebih dahulu kita akan membahas tentang apa itu fitur parking sensor. Jadi, fitur parking sensor merupakan suatu perangkat elektronik yang biasanya terpasang di bagian belakang kendaraan untuk mendeteksi kendaraan ketika sedang diparkirkan.

Dengan adanya sensor ini kendaraan tidak akan rawan menyentuh atau menabrak bagian kendaraan lain ketika diparkirkan. Cara kerja fitur parking sensor seperti apa? Di sini kita akan membahasnya!

Cara Kerja Fitur Parking Sensor

Cara kerja fitur parking sensor pada mobil sangat berkaitan erat dengan pancaran gelombang ultrasonik yang dipancarkan melalui pemancar pada bemper. Gelombang yang dipancarkan tersebut kemudian menyentuh benda dan akan dipantulkan kembali oleh bagian penerima sensor yang nantinya ditampilkan dalam bentuk suara sirine atau display jarak berbentuk angka.

Sensor ini yang akan sangat membantu dalam mencegah mobil menabrak sesuatu utamanya ketika mobil sedang akan diparkirkan. Sensor parkir pada mobil sendiri terdiri dari beberapa jenis yang terjual di pasaran, di antaranya :

Ultrasonic Parking Sensor

Jenis sensor ini dipasangkan pada bagian bumper belakang dan mengandalkan 4 sampai dengan 6 buah sensor. Cara kerja sensor parkir yang tipe ini mengandalkan pancaran gelombang ultrasonik dan ketika ada benda lain yang mendekati maka gelombang ultrasonik akan dipantulkan memberi tanda.

Electromagnetic Parking Sensor

Sensor electromagnetic ini merupakan sebuah teknologi parking sensor terbaru pada mobil. Cara kerjanya mengandalkan gelombang elektromagnetik yang dipancarkan seperti selimut. Selimut gelombang elektromagnetik ini nantinya akan mendeteksi objek yang berpotensi menyentuh body kendaraan karena jaraknya terlalu dekat.

Jadi gelombang yang dipancarkan untuk mendeteksi benda asing di sekitar mobil antara kedua jenis sensor parkir tersebut berbeda. Namun secara garis besar konsep kerjanya sama yaitu ketika posisi transmisi di gigi R (mundur) aktif maka sensor parkir juga akan aktif secara otomatis. Sementara jika mobil sudah tidak berada di transmisi R (mundur) maka sensor parkir akan mati dengan sendirinya.

Berdasarkan kesederhanaan cara kerja tersebut, produk sensor parkir mobil yang dipilih pengendara atau pemilik mobil biasanya dipilih atas dasar beberapa pertimbangan berikut ini :

Area yang Dijangkau Sensor

Beberapa pengguna mobil merasa sudah cukup puas jika mereka bisa memantau bagian belakang mobil sehingga sensor yang diperlukan biasanya hanya dua buah saja.

Namun beberapa pengendara mobil khususnya pemula terkadang perlu memantau bagian lain dari mobil termasuk samping ketika mobil akan diparkir sejajar maka sensor yang perlu dipasang adalah empat buah. Jadi sesuaikan dengan kebutuhan area jangkauan saja.

Fitur Sensor Parkir Mobil

Tidak semua orang membutuhkan sensor parkir yang sama apakah yang menggunakan gelombang elektromagnetik atau ultrasonik, jadi pemilihannya harus diukur dan disesuaikan dengan kebutuhan.

Itulah sedikit informasi yang kami dapat bagikan terkait cara kerja fitur parking sensor. Semoga informasi yang kami berikan di atas menjadi ulasan yang membawa manfaat.

Previous Article

Kelebihan dan Kelemahan Sistem Penggerak Roda Depan FWD Mobil

Next Article

Fitur Auto Climate AC Pada Mobil

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published.